Rabu, 12 September 2012

Siger Lampung Indonesia

Mungkin saat ini banyak orang mengenal Lampung dengan icon menara sigernya yang menjulang di pintu masuk pulau sumatera di dekat komplek pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan.

Menara Siger (arsitektur perpaduan siger)

Pasti dibenak kalian, bentuk siger itu cuma satu jenis, padahal siger (SEGOKH) itu ada dua jenis. Yaitu siger bergerigi tujuh (Lampung Saibatin), dan siger bergerigi sembilan (Lampung Pepadun).

Lampung Saibatin

Lampung Pepadun




Asal muasal siger itu dari Kerajaan Kepaksian Skala Brak di daerah Lampung Barat yang berunsur Lampung Saibatin. Dan adanya siger Lampung Pepadun itu setelah anggota kerajaan melakukan hijrah ke daerah lain dan membangun keratuan yang baru.

Sekarang banyak lambang-lambang atau ornamen-ornamen siger yang terpampang di jalan-jalan, ruko, dialun-alun Kota Bandar Lampung, bahkan di logo-logo kaos atau batik Lampung itu bertema siger Pepadun. Dimanakah Siger Saibatin ? apakah sengaja dihilangkan ? atau karena ada unsur politik dibalik maslah ini ? terkesan diskriminatif. Tapi saya berharap, demi persatuan Lampung alangkah baiknya antara Adat Saibatin dan Adat Pepadun ada keseimbangan. Saibatin dan Pepadun harus saling bersinergi demi kemajuan Lampung. Saling mengenalkan budayanya satu sama lain kalau Lampung ini kaya akan budaya di mata masyarakat Indonesia bahkan mancanegara.


Tidak ada komentar: